Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menjadi Offlaner di Game Mobile Legends

Saat kalian bermain mobile legends, kali suka pake  role apa sih? Jungler, carry, support, tank, offlaner atau kalian all role yang biasa ngelengkapin hero tim. Nah, kali ini carabangal.com bakalan ngebahas role offlaner.


Kalian tau gak offlaner itu apa? Offlaner itu biasanya di pinggir, gak di temenin, sendirian kaya jomblo. Oke sebelum bahas ke salahan rotasi offlaner, kita bahas dulu hero apa aja yang bisa jadi offlaner. Secara garis besarnya, hero yang bisa jadi offlaner itu harus bisa ngelawan dua hero sekaligus atau lebih dan harus kuat di early game. Karena kalo kalian jadi offlaner itu bakal sering di gank musuh. Oke kita langsung bahas aja...

5 Kesalahan Rotasi Offlaner

1. Salah Pilih Lane

Pernah gak kalian liat offlaner itu maksa pilih lane, Biasnya lane itu udah di isi tapi dia tetep milih disitu. Akhirnya lane satunya bakalan kosong, nah sebaiknya kalian bisa pilih lane yang cocok buat kondisi seperti ini. Offlaner biasanya nempatin lane pinggir, ada gold lane same exp lane.

Kalo di tim kalain ada mm, pastinya dia bakal nempatin gold lane otomatis kalian bakalan nempatin exp lane. Tapi misalnya  di tim gak pake Marksman, kalian sesuain hero kalian sama lanenya. Lebih bagus sih kalin pilih gold lane, supaya gold kalian cepet naik. Tapi beda kasus kalo hero kalian punya empat skill kaya yu zhong, kalian harus pilih exp lane supaya skill-skillnya cepet kebuka sama naik level.

Karna hero yang bergantung sama skill, butuh banget yang namanya cooldown supaya bisa cepet – cepet pake skillnya. Kalo level kalian naik otomatis skill juga bisa di naikin levelnya. Jadi gua saranin hero yang tergantung atau tipe skill bagusnya kalian pilih exp lane. Tapi kalo lane nya udah di ada yang ngisi kalin pinter – pinter aja. Kalo temen kalian pilih gold lane ya kalian tinggal isi yang exp.

2. Terlalu Main Aman

Waktu kalian udah lahir ke muka bumi, kalian harus cepet – cepet sampe ke lane dan kalo bisa langsun cute minion di lane musuh. Kalo gitukan otomatis kalian bakal ngebersihin minion  dari pada musuh. Musuh punya dua pilihan kalo kalian ngelakuin ini,  pertama dia bakalan gangguin kalain atau dia pilih ngebersihin minion yang nyerang turetnya. Jadi kalo kalian udah beres cute minion, otomatis kalain bakal bebas eksekusi klomang.

Kalo kondisi gak memungkinkan buat kalian cute minion, kalian bisa ngumpet di semak – semak atau ngendok. Sampe musuh ada di jangkauna serangan kalian langsung hajar musung jangan di kasih kendor. Apalagi hero yang kalian pake kaya yu zhong, khalid, sama thamuz. Hero – hero ini galak banget di awal game.

Usahakan  kalo kalian jadi offlaner jangan sampe mati cepet. Karena kalo kalian mati siapa yang bakal jagain turret, yang jagain turret cuman kalian doang. Kalo kalain mati otomatis turret kalian bakalan dalam keadaan bahaya. Masih mending musuh gak push turret atau ada temen kalian ada yang nge cover. Kalo enggak yang pastinya turret kalian bakal ancur dan kalah lane. Seenggaknya  main dorong – dorong minion aja kalo kalian gak bisa mai galak.

3. Tidak Mau Roaming

Waktu kalian mainkan pasti ada momen diman turret kalian dalam keadaan aman. Gimana caranya kalian tauhu lane dalam keadaan aman. Misalkan minion kalian di posisi lane musuh, jadi kalian udah ngancurin salah satu turretnya. Dalam keadaan begini kalian harusnya roaming ke .mid. Kalo kalian nunggu sampe creep yang selanjutnya muncul. Kalian bakalan ketinggalan duit, ketingalan level  pokonya jangan terlalu main pasih. Di awal aja kalian udah di kaslih tau main offlaner itu harus galak, tapi tapi tau timingnya

4. Lupa Tugas Utama

Tugas utama offlener itu jaga lane. Misalnya kalian ada di lane atas dan kalian roaming bantu mid lane. Sebisa mungkin kalian tetep pantau lane di atas dan cepet balik lagi ke sana. Kerana kalo kalian terlalu lama turret kalian rentan banget di ancrin dan kalian bisa kalah lane. Bakalan rugi banget kalo turret kalian ancur cuman gara – gara lupa pulang.

Emang bagus buat bantu – bantu, tapi kalo udah gak ada yang perlu di bantu ngapain kalian lama – lama. Kalian langsung aja balik lagi ke tugas yang utama. Kalo bisa kalian langsung cute minion, main objektif aja push – push turret. Misalkan ada momentum kalian rusuhin buff musuh.

5. Tidak Berkontrbusi Dalam War Dan Ganking

Walaupun tugas utama offlaner itu buat jaga lane, tetapi ada beberapa kondisi yang harus kalian lebih pentingin. Misalkan temen kalian lagi war atau lagi cinduk – ciduk. Karena peran offlaner itu penting banget buat kondisi kaya gitu. Selain punya damage yang gede, offlaner itu keras nya minta ampunt. Bisa di bilang offlaner itu tank kedua atau pengganti tank. 

Tapi kalo misalkan warnya terlalu jauh, kaya kalian lagi di atas terus warnya ada di bawah. Kalian main objektif aja push turret, karena kalo kalian jalan nyamperin ke bawah. Otomatis bakal lama banget, masih mending kalian sampe warnya belum beres. Kalo udah kalian bakalan buang – buang waktu kaya jagain jodoh orang.

Trus giamana kalo kalian di ciduk dijalan meninggal dah tuh...!

Jadi ya gitu, kalo kalian serius mainnya sering pelajari hero yang kalian pake. Sama gimana cara rotasi yang baik dan benar. Intinya sering – sering main sama nontonin pro player, baca tutorial, nonton tutorial. Langsun latihan, praktekin!