Cara Menghasilkan Uang Dari Desian Grafis

 
Buat kalian yang punya skill Desain Grafis, menguasai beberapa software yang berhubungan dengan desain grafis. Seperti Photoshop, Corel Draw, Inkscape dan banyak lainnya. Kalian bingung atau sedang mencari bagaimana memonetize atau menghasilkan uang dari skill desain grafis kalian.

Tidak perlu menguasai keseluruhan ilmu desain grafis, dengan satu style aja kalian masih bisa menghasilkan uang dari skill desain grafis kalian. Entah itu vector, membuat logo, karikatur, WPAP, lebih bagus kalian punya banyak style.

Nah ini dia beberapa cara untuk mendapatkan uang dari desain grafis

Membuka Jasa Pembuatan/Pengeditan di Medsos

Kalian bisa memulai dari membuka jasa di media sosial seperti Instgram, untuk pengeditan sebuah foto menjadi vector atau WPAP. Bisa juga kalian membuka jasa pembuatan logo dan banner. Sesuaikan saja dengan apa yang kalian kuasai dalam desain grafis.

Mulai buat karya – karya kalian lalu upload di media sosial seperti Instagram atau lainnya. Makin banyak semakin bagus, supaya menarik minat pelanggan/client. Secara tidak langsung melatih kalian untuk menjadi lebih baik lagi.

Jangan lupa memakai tag dan promosikan produk kalian untuk mencapai lebih banyak orang. Tidak perlu memakai promosi berbayar, kalian  bisa promosikan di media sosial selain seperti facebook dan promosikan keteman atau keluarga.

Mebuat Blog atau Chanel Youtube

Cara ini banyak dilakukan dikalangan para desiner. Mereka meberikan tutorial bagaimana mebuat desain grafis dari awal hingga akhir. Banyak blogger yang merangkap menjadi Youtuber pada saat ini. Mereka biasanya menjadi moderator pada kontennya, menjelasakan tutorial yang mereka berikan.

Materi yang diberikan biasanya tata cara mendesain yang baik dan benar. Mulai dari hal yang mendasar sampai yang benar – benar professional. Blogger dan youtube juga biasanya difungsikan sebagai alat promosi untuk jasa yang mereka tawarkan.

Buat kalian yang tertarik dengan cara ini mulai pelajari bagai mana membuat dan mengelola bogger atau pun channel youtube, selain kalian memperdalam ilmu desain grafisnya.

Mengikuti Loba Desain Grafis

Banyak lomba atau event yang diselenggarakan di sebuah situs ataupun komunitas.  Ini merupakan peluang yang sangat besar dan banyak desainer yang terjun di dunia ini. Karena penghasilan nya yang bisa dibilang besar, mulai dari 1 juta – 10 juta. Tapi untung – untungan, yah namanya juga lomba pasti sifatnya spekulatif. Kalo kalian tidak menangpun kalian masih bisa mendapatkan pengalaman dan menambah skill.

Saat lomba kalian akan diberikan keterangan untuk desain yang akan kalian kalian buat, sperti warna, gambar, berbentuk apa, dan batas waktu pengerjaanya. Tinggal kalian memvisualisasikan apa yang dikatakan penyelenggara lomba.

Ada beberapa situs yang carabangal.com rekomendasikan:

www.99designs.com
www.logotournament.com
www.logomyway.com
www.designcontest.com

Kalian juga bisa googling situs atau platfrome yang menyelenggarakan lomba desain grafis. Ada bnayak kok, kalian cek saja siapa tau ada yang bisa atau kalian tertarik buat ikutan. Banyak juga di Instagram yang buka event atau lomba desain grafis.

Jualan di Situs Microstock

Selain cara di atas kalian juga bisa jualan desain di situs Microstock. Kalian bisa bergabung menjadi contributor disalah satu situs sperti shutterstok. Nah kalian bisa menjual desain kalian disini. Yah walaupun keuntungannya tidak sebesar kalian mengikuti lomba.

Kalian akan di bayar beberapa dollar untuk desain kalian. Tapi ada keuntungannya, yaitu desain kalian bisa berkali – kali debeli oleh orang yang berbeda. Jadi kalo semakin banyak desain kalian, maka peluang orang yang membeli pun akan semakin besar. Dari waktu – kewaktu pundi uang pun terkumpul. 

Untuk kalian yang ingin bergabung ke situs microstock, ada beberapa situs yang carabangal.com rekomendasikan, seperti:

shutterstock
freepick
dreamstime
Dll

Kesimpulan:

Dari beberapa cara di atas, kalian bisa mencoba beberapa cara atau bisa saja kalian mencoba semua cara nya. Tinggal kalian asah lagi kemampuan untuk memberikan hasil yang terbaik. Tidak perlu menggunakan PC atau Laptop. Jika kalian menguasai desain grafis menggunakan smartphone, kalian mulai saja dulu. Yang terpenting adalah hasil nya, karena hasil karya dari smartphone pun tidak jauh berbeda. Jika kalian benar – benar menguasainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel