Membersihkan Cache di HP! Biar Memori Gak Penuh, Lag Dan Aplikasi Eror

Carabangal.com - Kalian pernah gak mengalami masalah di hp kalian.  Seperti lag, aplikasi eror atau sering keluar sendiri, video instagram susah di putar dan masih banyak lainnya. Mungkin jika kalian bertanya akan ada yang menjawab untuk menghapus cache atau clear cache di hp kalian.

Mungkin kalian bertanya - tanya apa sih cache itu? bagaimana bisa memperbaiki masalah yang sedang kalian alami. Oke langsung saja simak uraian sedikit tentang cache di bawah ya!

Membersihkan Cache


Apa Itu Cache?

Cache adalah proses menyimpan data sementara sehingga situs, browser, atau aplikasi tidak perlu mengunduh data tersebut berulang kali. Jadi, sederhananya cache itu catatan activitas kalian dalam aplikasi.

Contohnya ketika kalian mencari username di media sosial contohnya facebook. Maka username itu akan muncul lagi di pencarian kalian secara otomatis. Kasus lainnya ketika kalian membuka gambar atau video, ketika kalian membukanya lagi maka loading yang dibutuhkan akan lebih cepat.

Efek Positif Menghapus Cache

Salah satu efek baik menghapus cache adalah membuat smartphone terasa lebih ringan. Dikarenakan banyak data yang menupuk yang memenuhi memori internal dan akan membutuhkan waktu untuk sistem mencari dan membaca data. Maka saat cache di hapus, ruang internal akan bertambah luas dan smartphone akan lebih enak di gunakan.

Selain itu, aplikasi yang biasanya sering error seperti macet atau lag, bisa kembali berjalan dengan lebih baik lagi. Tidak jarang ada yang malas menghapus cache karena takut semua data yang tersimpan ikut terhapus dan hilang. Kalau kalain adalah salah satunya, sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Cache itu hanyalah sampah, sehingga kalian tidak akan pernah kehilangan data apa pun setelah menghapusnya.

Efek Buruk Menghapus Cache

Menghapus cache tidak berdampak buruk untuk smartphone, Tapi ada efek yang mungkin tidak kalian sukai. Pasalnya saat cache dihapus, loading aplikasi akan lebih lama dari sebelumnya. Karena sistem mulai dari awal untuk membaca file yang di buka.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Iklan di HP Android

Jadi tidak perlu khawtir jika kalian ingin menghapu cache di smartphone. Menunggu sedikit tidak akan membuat kalian ketinggalan kreta.

Kalo begitu langsung aja kita lanjut gimana cara menghapus cache.

Cara Menghapus Cache

Ada dua cara yang bisa kalian gunakan untuk menghapus atau membersihkan cache di smartphone. Bisa menggunakan aplikasi atau tidak sekalipun. Berikut langkah - langkah menghapus cache.

1. Membersihkan Cache Menggunkan Aplikasi Tambahan

  • Pertama - tama kalian download dan instal aplikasi CCleaner di playstore.
  • Selanjutnya buka aplikasi CCleaner nya dan klik PEMBERSIHAN CEPAT
    Membersihkan Cache

  • Kemudian tunggu sampai proses pemindaian selesai. Kalian pilih saja Cache dan Folder Kosong saja lalu klik SELESAIKAN PEMBERSIHAN.
    Membersihkan Cache

  • Maka smartphone kalian akan terbebas dari cache. Nah, untuk lebih lanjutnya bagaimana menggunakan CCleaner untuk membersihkan cache, memori dan virus. Akan kita bahas di artikel selajutnya.
2. Membersihkan Cache Tanpa Aplikasi Tambahan
  • Pertama buka Settings di smartphone kalian, Lalu plih Aplikasi, selanjutnya pilih aplikasi yang akan kalian hapus cache nya. Saya disini memilih Facbook sebagai contoh.
    Membersihkan Cache

  • Kedua, kalian klik Penyimpanan lalu kalian klik Hapus Data ( jika ada tombol Bersihkan Cache disini maka klik saja dan selesai. Jika tidak lanjutkan ke langkah selanjutnya).
    Membersihkan Cache

  • Langkah terakhir kalian klik Bersihkan Cache.
    Membersihkan Cache

Kesimpulan:
Nah, itu di sedikit penjelasan tentang cache, cara membersihkan cache dan efek kita menghapus cache. Jangan lupa untuk di share ya! Semoga artikel ini Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel