13 Tempat Download Musik Bebas Copyright

Carabangal.com - Kalau kamu seorang content creator, pastinya memerlukan musik latar atau backsound untuk keperluan membuat video untuk media sosial, Blog ataupun Youtube. Tapi untuk menggunakan musik latar tidak boleh sembarangan. Karena bisa saja musik yang kamu gunakan itu memiliki hak cipta.

13 Tempat Download Musik Bebas Copyright

Tentu kalau kita menggunakan musik yang memiliki hak cipta tanpa izin, maka video kamu bisa saja dituntut oleh pemilik hak cipta. Apalagi video yang kamu buat bertujuan komersial seperti konten untuk Youtube, maka video kalian tidak akan mendapatkan iklan karena melanggar hak cipta atau copyright.

Apa itu Copyright?

Copyright atau hak cipta sederhananya adalah hukum yang meberikan kendali penuh terhadap sebuah karya. Menggunakan musik atau backsound tanpa izin merupakan salah satu kebijakan Copyright. Copyright memberikan perlindungan atas penggunaan karya, sehingga siapapun yang menggunakan karya tersebut tanpa izin dapat dikenakan sansksi.

Jika kamu mampu alangkah baiknya untuk membuat musik sendiri. Tapi kalau kamu tidak bisa membuat musik sendiri, solusinya adalah menggunakn musik atau backsound yang berlabel non copyright atau tidak memiliki hak cipta. Jadi bisa digunakan dengan bebas dan konten Youtube kamu tidak melanggar hak cipta sehingga dapat menampilkan iklan.


Tempat Download Musik Bebas Copyright

1. Youtube Audio Library

Youtube Audio Library

Bagi para kreator Youtube, Youtube Audio library bukanlah situs yang asing untuk mendownload backsound No Copyright. Youtube Audio Library menyediakan musik dan backsound dengan berbagai genre yang  bisa kamu gunakan sesuai dengan video yang kamu buat. Musik yang kamu gunakan dari Youtube Audio Library diberikan secara gratis oleh para kreator musik sehingga bisa kamu gunakan dengan bebas.

Cara mengunkan musik dari Youtube ini mudah sekali. Kamu hanya perlu membuka laman Youtube  Studio di akun Youtube kamu. Kemudian buka laman Audio Library, pilih musik yang ingin kamu gunakan. Simak cara lengkapnya di bawah: 

  • Login ke YouTube Studio.
  • Dari menu kiri, pilih Koleksi Audio atau Audio Library.
  • Kamu tinggal memilih dan download musik atau backsoundnya.


2. Audio Library

Audio Library

Dari situs ini kamu bisa memilih musik latar yang tepat  untuk video kamu sesuai dengan moodnya, kamu bisa memilih beberapa genre musik disini. Audio Library bukanlah situs baru bagi kreator yang sering membuat video yang memakai latar musik sebagai pelengkap videonya.

Banyak kreator dan youtuber yang menggunakan musik dari Audio Library seabagai backsound untuk video - videonya. Kamu bisa mengakses situs ini mengunkan link, www.audiolibrary.com.co atau bisa kalian lihat di akun Youtubenya Audio Library.


3. NCS (No Copyright Sound)

NCS (No Copyright Sound)

NCS merupakan situs penyedia musik dan backsound  lainnya. Dengan kamu login di www.ncs.io kamu bisa memilih berbagai musik karya NCS, sekaligus berinterksi dengan pengguna NCS lainnya. Situs ini adalah situs website dari chanel youtube No Copyright Sound.


4. Bensound

Bensound

Kamu juga bisa menggunakan musik untuk backsound video yang di sediakan Bensound. Bensound adalah situs web yang menyediakan berbagai musik bebas royalti dan Copyright. Disini kamu tidak perlu mendaftrakan akun, kamu bisa langsung mendownload  musik yang kalian inginkan. Bensound dapat diakses memlalaui www.bensound.com.


5. Freesound

Sesuai dengan namanya freesound adalah situs web yang menyediakan musik gratis dan bebas Copyright. Situs web ini menyediakan mulai musik disintesis sampai musik instrumental. Disini juga menyediakan sound effect seperti hujan, petir, suara bel dan semacamnnya. Cara mendapatkan sound effect dari situs ini sangat mudah. Kamu hanya tinggal download sound effect atau musik yang diperlukan di situs www.freesound.com.


6. Jamendo

Jamendo

Jamendo adalah situs web penyedia musik dan backsound yang terdiri dari artis dan pencipata musik indenpenden. Jadi selain menyediakan musik dan backsound bebas Copyright, Jamendo juga merupakan platfrom bagi para kreator musik untuk membagikan karya musik mereka. 

Disini kamu bisa menemukan musik gratis di berbagai genre dan bahasa karena para kreator musik diseluruh dunia bisa membagikan karya musikya di sini. Kamu bisa mengakses situs ini di www.jamendo.com tapi harus diingat, walau gratis jangan lupa cantumkan credit title pemilik backsound pada karya kamu.


7. Kompoz 

Kompoz

Kompoz juga menyediakan bebagai jenis musik dan backsound bebas Copyright. Selain itu kamu juga bisa mengkreasikan audio yang disediakan di Kompoz sesuai dengan yang kamu inginkan dan dibutuhkan. Kmau bisa menggunakan berbagai musik latar atau backsound yang ada di situs ini hanya dengan membuat akun di www.kompoz.com.

Selain mendapatkan layanan musik gratis, Kompoz juga menyedikan layanan berbayar. Melalui layanan berbayar ini kamu bisa mendapatkan fasilitas eksklusif yang disediaan akun berbayar.


8. Freeplay Music

Freeplay Music

Selanjutnya adalah Freeplay Music. Situs ini Juga  menyediakan koleksi yang cukup lengkap. Berbagai koleksinya bisa digunakan untuk kebutuhan pribadi hingga kebutuhan bisnis. Uniknya, jika kamu menggunakannya hanya untuk kebutuhan pribadi, kamu dapat akses gratis ke semua kolesinya.

Situs: http://freeplaymusic.com


9. Epidemic Sound

Berikutnya ada Epidemic Sound. Situs ini bisa dibilang cukup populer di kalangan kreator video bahkan kreator musik sendiri. Tidak heran beberapa youtuber seperti Peter McKinon menyarankan situs ini sebagat tempat mencara audio. Ada berbagai audio, khusunya musik yang dibuat oleh musisi ternama. Uniknya musik - musik disini kebanyak dikhususkan sebagai background musik.

Situs: https://audiojungle.net


10. Audioblocks

Situs penyedia audio untuk video lainnya adalah Audioblocks. Ketika situs lain kebnyakan menyediakan audio dalam bentuk musik, situs ini cukup berbeda. Pasalnya, situs ini juga menyediaan audio sound effect yang cocok untuk menguatkan adegan dalam video. Situs ini juga ternyata digunakan oleh Buffer sebagai penyedia audio untuk podcastnya.

Situs: www.audioblocks.com 


11. Netlabels

Selanjutnya, Situs penyedia audio untuk video yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Netlabels. Menurut Wordstream., situs ini menyediakan lebih dari 65 ribu koleksi audio yang bisa kamu pilih dari berbagai artis, genre, hingga tahun, yang bisa kamu gunakan untuk video kalian.

Situs: https://archive.org


12. Chuki Beats

Chuki Beats adalah salah satu channel Youtube yang juga membebaskan orang lain memakai lagu yang diproduksinya tanpa khawatir akan hak cipta. Musik No Copyright di Chuki Beats didominasi lagu hip-hop, sad emotional, hingga lagu instrument mellow.

Situs: Channel Youtube Chuki Beats 


13. Musicvine

Terkahir ada Musicvine yang menyediakan musik untuk berbagai tema dalam pembuatan fi;m. Kamu bisa memfilternya sesuai dengan tema, suasana, dan genre yang cocok untuk berbagai kesempatan.

Situs: https://musicvine.com


Itulah beberapa tempat atau situs penyedia musik atau backsound bebas Copyright. Jangan lupa untuk membaca rules setiap situsnya ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel