Cara Menjadi Youtuber Dan Punya Passive Income 2021

 Carabangal.com - Banyak orang - orang yang berlomba-lomba Menjadi Youtuber. Tidak heran, sekarang Youtuber sudah dianggap menjadi sebuah profesi. Mereka yang sudah memiliki banyak subscriber sudah memiliki penghasilan jutaan rupiah setiap bulannya.

Cara Menjadi Youtuber

Profesi sebagai Youtuber di era digital sekarang, ternyata banyak digandrungi orang-orang apalagi oleh generasi milenial. Selain popularitas, penghasilan menjadi youtuber cukup menggiurkan. Pekerjaan layaknya seorang bintang atau pembawa acara dengan program yang berasal dari ide sendiri.

 

Mengapa Menjadi Youtuber?

Mempunya channel Youtube, membuat konten, upload video, dan medapatka penghasilan dari youtube. Mungkin seperti itulah gambaran kehidupan seorang youtuber. Pekerjaan yang sangat fleksibel tetapi memiliki penghasilan yang sangat menjanjikan.

Lulu, mengapa kita harus menjadi Youtuber?

1. Jumlah pengguna yang sangat besar.

Youtube menyebutkan bahwa mereka punya lebih dari 1 milliar pengguna dari seluruh dunia. Di indonesia Youtube termasuk media sosial yang sangat populer. Inilah salah satu alasan  Youtube menjadi sebuah ladang bisnis. Kita bisa memanfaatkan Youtube sebagai sarana untuk mendapatkan pengahasilan atau media promosi.

2. Berkarya sambil menghasilakan uang.

Menjadi youtuber, anda bisa membuat konten-konten video sesuai keinginan anda. Dari video yang diupload di Youtube, anda bisa mendapatkan uang dari iklan-iklan yang dipasang di video-video anda.

3. Waktu kerja yang Fleksibel.

Mempunyai profesi Youtuber memungkinkan anda dapat bekerja di manapun dan kapanpun. Dengan pekerjaan fleksibel dan santai sebagai seorang Youtuber, anda dapat memiliki waktu lebih untuk berkumpul dengan kelurga atau melakukan pekerjaan lain.

4. Menjadik terkenal.

Alasan selanjutnya mengapa harus menjadi Youtuber adalah menjadikan anda memiliki popularitas. Jika anda mengunggah konten-konten yang menarik viwers otamatis anda akan semakin  dikenal dan popularitas juga memiliki banyak manfaat.

Beberapa alasan yang disebutkan di atas adalah alasan mengapa anda harus menjadi Youtuber. Sembari anda menyalurkan hobi, belajar, berkarya atau membagikan ilmu kepada orang lain dengan mengupload video di Youtube, anda juga dapat menghasilkan uang.

 

Bagaimana Cara Dapat Penghasilan Dari Menjadi Youtuber?

Saat ini menjadi Youtuber merupakan profesi pilihan banyak orang karena menjanjikan pendaptan yang banyak. Tapi banyak orang yang tidak tahu bagaimana Youtber mendapatkan pengahasilan dari video-videonya. Ada beberapa sumber pendapatan dari Youtube.

  • Jika anda menonton video di Youtube, pasti anda sering menjumpai iklan yang muncul sebelum video yang anda tonton. Nah itulah iklan yang ada di Youtube. Youtuber mendapatkan pengahasilan dari iklan yang muncul di video-video yang ada di channelnya.
  • Menjadi Youtuber, selain dari iklan anda juga bisa mendapatkan penghasilan dari sponsor. Para pemilik bisnis, produk atau perusahaan dapat memberi sponsor pada sebuah video di Youtube. Lalu, pemilik video akan menampilakn produk atau pesan promosi sponsor di video yang dibuat.
  • Anda juga bisa menjual produk sendiri dengan menjadi Youtuber di channel anda. Anda bisa memanfaatkan channel Youtube untuk mempublikasain video-video promosi produk anda. Dari penjulan produk itulah anda mendapatkan pengahasilan.
  • Salain dari beberapa cara tadi, ada juga potensi lain untuk mendapatkan penghasilan dengan menjadi Youtuber. Jika anda sudah terkenal, anda akan dapat peluang usaha untuk menghasilkan pendapatan lainnya. Mungkin anda ditawari bermain film, jadi penulis, tampil di TV, atau bentuk kerja sama lainnya.

Dalam artikel lainnya saya akan membahas lebih rinci lagi bagai mana cara menjadi Youtuber sukses dan mendapatkan income dari Youtube. Carabangal.com akan memandu anda membangun chanel YouTube dari awal hingga bisa menjadi sukses.

Ketika channel Youtube anda sudah berkembang, memliki banyak viwers dan subscriber anda juga akan mendapatkan potensi lainnya untuk mendapatkan income.

 

Tahapan Menjadi Youtuber

Meskipun kelihatannya mudah, menjadi Youtuber bukan sekedar mengupload video saja dengan asal-asalan, lalu anda mendapatkan bayaran. Di butuhkan kesabaran, komitmen, konsistensi dan kerja keras untuk bisa menjadi Youtuber yang berhasil dan sukses.

1. Membuat Channel Youtube

Tahapan pertama untuk menjadi Youtuber adalah merencanakan dan memulai channel Youtube. Pada tahap ini anda akan merencanakan channel anda, kemudian membuat sebuah channel.

2. Menetukan Ide Konten

Tahapan menjadi Youtuber selanjutnya adalah menentukan tema konten yang nantinya akan dibuat. Ada berbagai macam tema konten yang bisa anda jadikan pilihan. Seperti konten game, traveling, tutorial, edukasi, makanan, atau kehidupan sehari hari. Untuk bagaimana mencari ide konten akan di bahas di artikel selanjutnya.

3. Konsisten

Kemudian anda harus mengambangkan channel Youtube anda. Di Tahap ini anda harus rutin memproduksi video untuk di upload ke channel Youtube anda.

5. Mempromosikan Channel Youtube

Meningkatkan jumlah tayang dan jumlah subscriber. Anda perlu menggencarkan promosi channel anda setelah rutin mengupload video di channel Youtube anda. Semakin banyak viwers dan subscriber anda, semakin besar juga pendapatan yang akan anda hasilkan.

6. Lakukan Menotisasi

Setelah channel anda memiliki banyak penonton dan dikenal banyak orang, barulah channel Youtube anda bisa dimonetisasi sehingga mendapatkan iklan. Sebagai gambaran, channel Youtube anda harus punya setidaknya 1.000 subscriber dan 4.000 jam tayang dalam waktu 12 bulan terkahir agar video bisa di monetisasi.

 

Peralatan Yang Diperlukan

Peralatan merupakan salah satu komponen peting untuk menjadi Youtuber sukses. Dengan menggunakan peralatan yang memadai, konten yang anda rancang bisa dibuat dengan keren dan menarik. Apa saja peralatan yang diperlukan untuk mulai menjadi Youtuber?

1. Kamera

Kamera & Smartphone

Ini adalah peralatan yang sangat dibutuhakan saat anda memulai membuat konten untuk channel Youtube. Jadi siapkan kamera yang punya resolusi yang baik untuk menampilakan video yang berkualitas. Jika anda tidak memiliki kamera digital, gunakan kamera smartphone. Jangan sepelekan kualitas gambar dari kamera smarphone, karena sudah banyak yang sudah memiliki resolusi 4K.

2. Kartu Memori

Kartu Memori

Durasi video anda harus disesuaikan dengan jumlah kapasita kartu memori. Kapasitas kartu memori yang lebih besar akan mendukung besarnya ukuran video anda. Jika mengunakan smartphone gunakan kartu memori 16 GB atau lebih besar. Sebaiknya anda mempunya hardisk juga untuk menyimpan bahan atau data yang diperlukan bila anda mempunyai PC atau laptop.

3. Microphone

Microphone

Biasanya mikrophone digunakan jika anda konten anda memiliki narator. Belila microphone jika anda memerlukannya, karena microphone  mempunyai hasil lebih baik dibandingkan dengan microphone internal kamera ataupun laptop.

4. Laptop atau Komputer

Laptop komputer

Peralatan yang satu ini sudah pasti sangan dibutuhkan apabila anda ingin menjadi seorang Youtuber. Kompter atau laptop biasanya digunakan saat anda ingin melakukan editing. Tenang saja bagi anda yang belum punya, tanpa Laptop atau komputerpun kalian bisa menggunakan smartphone anda.

5. Software Editing

Editing

Untuk melakuakn penyutntingan video dan audio anda haru mempunya software editing. Ada banyak sekali software editing video ataupun gambar. Anda bisa mempelajari salah satunya untuk kebutuhan konten Youtube.

Selain anda harus menguasai software editing video, anda  juga harus bisa menggunkan software editing gambar untuk membuat thumbnail. Semakin menarik thumbnail yang anda buat, semakin besar peluang penonton tertarik meng klik video anda.

6. Jaringan Internet

Jaringan Internet

Siapkan banyak kuota. Kalau perlu anda menggunakan internet unlimited. Seamkin baik kualitas video, semakin besar pula ukuran filenya. Jika anda menggunakan kuota, maka akan cepat habis. Bahkan satu video yang diupload akan menyedot banyak sekali kuota.

7. Lighting

Lighting

Kalau anda membuat studio didalam ruangan atau melakukan syuting di dalam ruangan, pencahayaan diperlukan untuk menghilangkan bagian gelap dan meningkatkan kualitas video yang anda buat. Terkadang diperlukan ketika anda melakukan syuting di luar juga.

Kurang lebih itulah beberapa peralatan untuk menjadi seorang Youtuber. Sebenanrya peralatan yang dibutuhkan tergantung jenis, tema dan bagaimana anda mengemas konten yang anda buat. Peralatan yang dibutuhkan bisa saja lebih sedikit atau lebih banyak dari jumlah peralatan yang sudah disebutkan di atas.

Kesimpulan

Anda sudah bealajar dasar cara menjadi Youtuber, saatnya anda memperaktikan dan mendalami lagi yang sudah dijelaskan diatas. Jangan lupa untuk memperaktekan setiap tahapan yang sudah dijelaskan dengan benar.

Saat channel Youtube anda mulai berkembang dan sudah mencapai persyartan monetisasi. Jangan lupa untuk memonetisasi video-video di channel anda.

Pelajari hal-hal yang dibutuhkan untuk membangun sebuah channel Youtube. Seperti mengedit video dan foto, mengelola iklan, membuat ide konten, atau menggunakan kamera. Hal ini perlu anda pelajari agar konten yang anda buat menjadi lebih baik lagi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel