Profesi Penulis Untuk Yang Hobi Dan Menghasilkan Uang Dari Menulis

 Carabangal.com - Menulis merupakan kegiatan yang sangat bagus dan positif. Disekolah kita seringkali di berikan tugas oleh guru untuk menulis kembali materi yang ada pada buku untuk di pidahkan ke dalam buku catatan.

Secara tidak langsung kita melakukan sistem belajar input - output yang membuat kita agar cepat mengingat suatu materi. Kalian mengintup dengan cara membaca dan melakukan proses output dengan menuliskan kembali kedalam buku catatan.

profesi menulis

Kegiatan menulis menjadi hal umum yang dilakukan dan menjadikan menulis jarang diminanti karena membosankan. Padahal menulis memiliki banyak manfaat untuk otak dan berguna untuk memngingat kembali materi yang telah dihapal.

Orang- orang yang hobi menulis biasanya mereka juga senang membaca. Ada juga yang terpukau dengan tulisan orang lain dan membuatnya termotivasi untuk menulis. Mulai merangaki kata - kata menjadi suatu kaliamat sampai membuat sebuah cerita yang kompleks.

Meskipun banyak yang meremehkan kegiatan menulis, tapi banyak profesi yang didambakan banyak orang yang mengandalkan kemampuan dalam menulis. Penghasilan menjadi seorang penulis juga tidak main - main, tergantung profesi dan seberapa serius dalam menulis.

Untuk kalian yang ingin menjadi seorang penulis perlu tahu profesi apa saja yang bisa kalian pilih. Jika kalian mengetahui profesi apa yang kalian ambil, maka kalian tidak akan bingung apa yang harus kalian mulai dan latih.

Seperti halnya profesi lainnya yang memiliki bidang dan spesailis masing - masing, menulis juga tidak terkecuali. Maka dari itu penting untuk kalian mengetahui jenis profesi penulis.

Macam Profesi Penulis

Blogger

Walaupun belum dianggap sebagai profesi kepenulisan, blogging termasuk salah satu peluang untuk memonetize suatu tulisan. Biasanya seorang blogger akan menulis materi yang merupakan kaehliannya di blog dan kemudian dibagikan kepada publik.

Misalkan seorang ahli mesin yang menulis cara merawat dan memperbaiki kendaraan bermotor dan materi yang berhubungan dengan mesin. Contoh lainya seorang cheff yang membagikan resep makanan dan hal lainnnya yang berhubungan dengan kuliner.

Penghasilan seorang blogger pemula rata - rata sebesar Rp 1,5 juta bahkan bisa lebih. Penghasilan blogger bisa mencapai puluhan juta bahkan ratusan juta tergantung trafik blog tersebut. Terus dari mana penghasilan blogger berasal?

Rata - rata seorang blogger mendapatkan penghasilannya dari iklan. Bebrapa platfrom ikalan yang sering digunakan blogger adalah AdSense, MGID, AdsKeeper dan masih banyak lainnya. Selain iklan blogger juga bisa mendapatkan penghasilan dari paid promote, afiliasi, url shortener dan lain sebagainya.

Jika kalian mempelajari bagaimana menjadi seorang blogger dengan baik. Dari hal yang besic samapai bisa bermain SEO dan elemen lainnya. Penghasilan kalian bisa melebihi orang yang berkerja di kantoran.

Freelance Writer

Seperti namanya freelance writer merupakan penulis yang bebas, bebas dalam watu kerja dan apa yang ia tulis. Profesi ini sangat cocok dijadikan sebagai penghasilan tambahan, atau sebagai ladang mencari uang jajan untuk mahasiswa atau para pelajar.

Kalo bebas apa dong yang di kerjakan Freelance Writer?

Yang dikerjakan freelance writer bisa banyak sekali tergantung kalian mau melakukannya atau tidak. Kalian bisa menulis CV atau Resume orang lain yang ingin melamar kerja atau hal lainnya, mengerjakan makalah, menjual artikel, menulis di platfrom online seperti wattpad dan lain sebagainya.

Blogger juga bisa disebut sabagai freelance writer. Bahkan seorang novelis juga bisa dosebu sebagai freelance writer jika tidak terikat kontrak dengan salah satu penerbit dan bisa menulis kapan saja dengan bebas.

Novelis

Profesi ini bisa dibilang sebagi profesi yang wah dalam dunia kepenulisan. Karena menjasi seorang novelis bisa dibilang sulit, salah satu alasannya adalah mengarang sebuah cerita untuk dijadikan novel dan dibukukan tidaklah mudah.

Menulis sebuah novel kalian harus memiliki kemampuan menciptakan karakter tokoh, membuat banyak plot, dan menjadikannya sebuah cerita dalam satu buku. Tidak gampang untuk menjadi seorang penulis novel mendapatkan penghasilan yang besar, terkecuali buku yang di tulisnya menjadi best seller.

Banyak para novelis yang mempunyai mata pencaharian utama di luar dunia tulis-menulis. Seperti yang di jelaskan sebelumnya menjadi noveilis juga bisa dibilang sebagai pekerjaan freelance. Untuk memulai menulis novel kalian bisa menulis di platfrom online seperti wattpad, webnovel dan sejenisnya.

Selain mengasah skill kalian dalam menulis novel maupun tulisan lainnya. Jika kalian menulis di platfrom sepert webnovel, kalian juga bisa mendapatkan penghasilan jiga tulisan kalian banyak pembaca dan tentunya sesuai peraturan platfrom yang kalian gunakan.

Penulis Buku

Sebenernya novilis juga termasuk sebagai profesi penulis buku, tetapi disini kita bedakan antara menulis novel dan menulis buku nonfiksi. Karena dalam menulis novel menggunakan imajinasi dan kempiwaian merangakai kata untuk membuat sebuah certia.

Sedangkan menulis buku lebih mengedepankan kaidah ilmiah, data - data dn fakta, melalui riset dan penelitian. Para penulis buku ini biasanya menulis buku yang berkenaan dengan akademik. jadi dua profesi ini walaupun sama tetapi apa yang ditulis berbeda.

Dari segi finansial atau penghasilan penulis buku juga mendapatkan penghasulan dari royalti. Sama seperti novelis penghasilan didapatkan dari komisi penjualan buku. Jika buku kalian berhasil diterbitkan, maka akan ada perjanjian sebelumnya antara penulis dan penirbit prihal komisi.

Penerjemah Buku

Kalian yang suka membaca pasti pernah membaca buku bahasa asing yang populer tetapi sudah berbahasa indonesia. Buku itu telah diterjemahkan oleh translator atau bahasa indonesianya penerjemah. 

Penerjemah juga merupakan salah satu profesi dalam dunia kepenulisan. Penerjemah buku juga bisa dibilang seorang penulis sekaligus editr untuk buku yang di terjemahkan dan sudah mempunyai jaringan ke penerbit buku.

Hampir sama dengan penulis buku atau novelis, penerjemah juga mendapatkan penghasilan dari royalti atau komisi penjualan buku. Tapi, penghasilannya lebih kecil dari pada penghasilan penulis buku. Karena setiap penjulan buku, penerjemah akan mendapatkan bagian beberapa persen dari total  perjanjian antara pemilik hak cipta, penulis dan penerbit buku.

Semisal penerjemah mendapatkan komisi sebesar 5% dari penjualan buku. Jika buku yang berhasil di jual sebanyak 10.000 eksemplar dengan harga per buku Rp. 50.000. Maka penghasilan penerjemah bisa mencapai Rp. 25 juta.

Ghost Writer

Kalo dari namanya agak menyeramkan ya. Ghost Writer bukan menulis seuatu yang berbau mistik atau horor, tapi ghost writer adalah mereka yang menulis untuk orang lain. Profesi ini akan menulis sesuatu yang diminta oleh klient.

Ghost writer menulis apa yang diingikan dan di pikirkan oleh klien, bisa saja menulis novel, biografi atau lainnya. Semisal kalian ingin membuat novel cara bertahan hidup, maka ghost writer akan mewawancarai apa yang kalian inginkan dan bagai amana novel itu berjalan, samapi cerita itu selesai.

Salah satu ciri yang mencolok seorang ghostwriter adalah namanya tidak akan muncul dalam buku yang dia tulis untuk klien. Karen tulisan itu akan menjadi milik klien sepenuhnya. Ghost writer akan dibayar sesuai apa yang telah disetujui di awal.

Copy Writer

Profesi ini adalah penulis khusus dalam bidang periklana dan merupakan salah satu faktor kesuksesan suatu brand melejit. Tugas copy writer adalah mereview suatu produk dan menuliskan kaliman - kaliamt iklan yang membuat orang lain menjadi tertarik.

Copy writer merupakan salah satu profesi yang hits sekarang ini. Penghasilannya variatif, tergantung pada panjangnya tulisan dan baran yang akan di promosikan. Rata - rata penghasilan seorang copywriter adalah persegmen atau dibayar pertulisan.

Columnist

Columnist merupakan salah satu pekerjaan penulis yang di butuhkan oleh majalah kabar. Menulis tetang tren dan gaya hidup yang sedang hits di masyarakat. Columnist harus menulis setiap satu minggu sekali di kolom yan gsudah disedakan di majalah dan surat kabar.

Biasanya yang mengisi kolom ini adalah orang terkenal, artis, tokoh masyarakat, atau wartawan yang seudah mempunyai nama di media tertentu.

Screen Writer

Penulis ini, menulis naskah untuk film atau serial televisi. Sama dengan profesi lainnya, tidak mudah untuk sukses di salah satu bidang menulis ini. Karena membuat naskah kalian agar bisa diterima oleh produser  merupakan hal yang susah.

Jika diterimapun belum tentu naskah yang kalian buat diangkat ke layakaca atau layar lebar. Kalian juga harus mau menerima naskah di bongkar, hal ini juga merupakan sesuatu yang baik. Karena jika hasil naskah kalian disukai peonton maka kalian juga akan mendapatkan penghasilan yang besar.

Song Writer

Profesi ini sangat cocok untuk kalian yang suka seklai dengan alat musik dan menulis. Untuk menulis sebuah lagu kalian harus paham bentul mengenai musik dan alat musik, karena kalian harus mencocokan antara kata dan irama.

Song writer bisa juga disebut musikus atau musisi karena meraka harus bermain alat musik untuk menciptakan lagu. Kalian bisa menciptakan lagu lalu menjualnya ke perusahaan rekaman musik atau penyanyi.

Busines Writer

Agar bisa menjadi seorang business writer, penulis haru memiliki pengalaman menulis, keahlian berbahasa yang sangat baik, berpengalaman dalam berbisnis dan tahu mengenai seluk - beluk mengenai bisnis.

Tipe penulis ini bekerja untuk majalah dan surat kabar yang pembacanya berasal dari kalangan profesional yang memiliki penghasilan tinggi. 

Kesimpulan: 

Itulah beberapa pekerjaan sebaigai penulis, semoga apa yang kalian tulis merupakan kebahagian untuk kalian. Mungkin masih ada beberapa profesi penulis yang tidak disebutkan dan masih berkaitan dengan profesi yang ada di atas.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel