Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menajdi Penulis Di Wattpad

Carabangal.com - Berkeingina dan memiliki cita - cita menjadi seorang penulis, khususnya penulis novel atau cerita fiksi. Apa sih yang harus dilakukan? Jawabannya adalah mulai menulis dan terus menulis samapai hasil tulisan kalian menjadi lebih baik.
wattpad

Salah satu wadah untuk hasil tulisan dan para penulis menulis novel salah satunya adalah Wattpad. Mungkin kalian sudah tidak asing dengan platfrom ini, apalagi kalian yang sudah menyelam ke dalam dunia tulis - menulis.

Wattpad cukup populer pada saat ini terutama untuk kalangan orang - orang yang hobi membaca atau menulis bahkan keduanya. Langakah yang sangat bagus untuk kalian mengasah tulisan kalian disini, bahkan bisa menjadi titik awal kalian meniti karier di dunia kepenulisan.

Banyak penulis yang melejitkan namanya dengan menulis di Wattpad. Banyak buku - buku yang berjejeran di toko buku besar yang berasal dari platfrom Wattpad. Bahkan sampai ada yang novelnya diangkat menjadi sebuah film contohnya Dear Nathan, Mariposa dan masih banyak lainnya.
 
Jika kalian ingin mulai menulis di wattpad, baca artikel ini sampai selesai!

1. Daftar Akun Wattpad

Sebelum kalian mulai menulis cerita, hal pertama yang harus kalian lakukan adalah membuat akun di Wattpad terlebih dahulu. Kalian bisa membuat akun Wattpad menggunakan akun Faceboolk/Gmail atau email kalian. Disini ada dua cara untuk membuat akun di Wattpad, yaitu di aplikasi dan di web resmi Wattpad.

  • Membuat akun wattpad di aplikasi

Tentunya kalian download dulu aplikasi wattpad dan instal, kemudian Buka aplikasinya mulai langkah membuat akun wattpad kalian.

Daftar Menggunakan Facebook
  1. Pastika akun kalian sudah masuk di aplikasi Facebook
  2. Klik tombol Facebokk
  3. Kemudian ikuti intruksi yang diberikan untuk membuat akun kalian
Dengan Menggunaan Gmail
  1. Klik tombol Google
  2. Pilih akun Gmail mana yang ingindigunakan
  3. Kemudian ikuti intruksi yang diberikan untuk membuat akun kalian
Dengan Menggunakan Email
  1. Masukan email kalian, nama pengguna dan kata sandi
  2. Klik Daftar
  3. Kemudian ikuti intruksi yang diberikan untuk membuat akun kalian

  • Membuat akun wattpad di web

Langkah membuat akun wattpad pada web, kunjungi wattpad.com. Kalian bisa membuat akun menggunakan Facebook atau dengan email kalian.

Dengan Menggunakan Facebook
  1. Pastikan akun facebook kalian sudah masuk di browser yang di gunakan
  2. Buka web wattpad.com
  3. Klik tombol Facebook di laman pendaftaran
  4. Selanjutnya ikuti petunjuk untuk membuat akun kalian
Dengan Menggunakan Email
  1. Klik Mulai Memmbaca atau Mulai Menulis
  2. Masukan email kalian, buat nama pengguna dan kata sandi untuk akun kalian
  3. Masukan tanggal lahir kalian
  4. Klik Mulai Membaca atau Mulai Menulis
  5. Selanjutnya ikuti petunjuk untuk membuat akun kalian
Jangan lupa untuk mengsi detail akun kalian seperti foto profil, nama yang unik dan yang lainnya. Agar akun kalian terlihat menarik dan profesional dimata viewers. Gunakan juga foto profil yang mewakili apa yang kalian tulis.

2. Cara Menulis Di Wattpad

Setelah kalian selesai membuat akun di wattpad, kalian bisa langsung menulis sebuah cerita. Caranya hampir sama dengan kalian saat ingin menulis di word atau kalian yang sudah pernah menulis blog, fitur menulis di wattpad mirip seperti blog.

Cara Menulis Cerita Di Wattpad Menggunakan PC

Langkah 1: Kalian Klik Write lalu kalian pilih Create a new story


Langkah 2: Berikutnya kalian akan di arahkan ke halaman membuat cerita. Jadi disini kalianharus mengatur beberapa setting yang ada terlebih dahulu. Disini kita jelaskan pengaturan, kolom yang harus kalian atur. Kalian lihat gambar yang ada di bawah:
menulis di wattpad

  • Cover: Di bagian kiri ataspengaturan ada opsi Add a Cover. Cover ini berfungsi sebagai sampul dari novel yang kalain buat.
  • Tittle: Kolom ini berfungsi sebagai judul, kalian tulis judul cerita atau movel yang akan di buat.
  • Descripstion: Disini kalian isi dengan sinopsis dari cerita atau novel kalian. Tulis sinopsis yang menarik agar pembaca tertarik untuk membaca novel kalian.
  • Tags: Berfungsi untuk memudahkan pembaca mencari cerita yang kalian bua. Kalian masukan Tags atau kata kunci yang berhubungan dengan cerita kalian.
  • Lenguage: Sebenarnya Wattpad dibuat untuk internasional, jadi jika cerita yang kalian buat bukan bahasa inggris. Klaian harus mengubahnya ke Bahasa Indonesia terlebuh dahulu.
  • Copyright: Fungsinya adalah agar konten kalian bisa menambahkan hak cipta mana yang akan kalian akan gunakan.
  • Ratting: Hal ini berfungsi untuk mengatur cerita kalian, untuk mengatur umur pembaca yang membaca novel kalian.
Langkah 3: Setelah kalian selesai melakukan setting, maka kalian bisa melanjutkannya ke halaman berikutnya yaitu halaman untuk menulis cerita. Kalian isi judul chapter novelkalian dan mulai tulis cerita yang ingin kalian buat. Kalian juga bisa menambahkan gambar atau sebuah video jika di perlukan.

Langkah 3: Jika kalian sudah selesai menulis, kalian bisa langsung mempublikasikannya dengan mengklik Publish.

Langkah 4: Kemudian kalian akan muncul jendela baru, kalian bisa melakukan pengaturan lanjutan yang ada dan jika sudah kalian klik tomblol Publish.

Tidak sulit bukan untuk menulis cerita di Wattpad. Seperti yang sudah di bahas di awal, untuk menulis di Wattpad tidak jauh berbeda dengan menulis di platfrom atau software lain. Semoga tutorial di atas bisa membantu kalian yang baru ingin menulis di Wattpad

Cara Menulis Cerita Di Wattpad Menggunakan HP

Sebelumnya sudah di bahas bagaimana cara menulis di Wattpad menggunakan laptop atau koputer dengan web. Sekarang kita bahas bagamana mnulis di Wattpad menggunakan pernagkat smartphone. Untuk perangkat ini tidak menggunakan web, tetapi dengan aplikasi Wattpad.

Langkah 1: Tentnunya kalian download dan instal terlebih dulu aplikasi Wattpad.
Langkah 2: Buka aplikasinya, daftar jika kalian belum memiliki akun atau bisa login menggunakan akun Facebook atau Gmail. Jika sudah memiliki akun kalian tinggal masuk saja.
Langkah 3: Setelah kalian login, klik ikon berlogo pensil untuk mulai menulis.

Langkah 4: Lalau pilih buat cerita baru.

Langkah 5: Berikutnya kalian tulis judul cerita, deskripsi cerita, dan sampulnya.

Langkah 6: Sekarang kalian bisa mulai menulis dan membuat cerita. Masukan judul, mulai tulis cerita kalian dan jika dibutuhkan kalian bisa upload gambar atau video. Jika kalian sudah selesai, klik PUBLIKASIKAN.


Kesimpulan:
Itulah cara menjadi penulis di Wattpad dari awal sampai pembuklikasian cerita hasil kalian. Ada baiknya sebelum mulai menulis kalian pelajari bagaimana menulis cerita atau menulis novel yang baik dan benar. Jangan juga pelajari tips - tips menulis di Wattpad atau bagaimana novel kalian bisa memiliki banyak pembaca. Terus menulislah sampai bisa membuat sebuh dunia baru yang di bukukan! Fighting!!!