Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara untuk Meningkatkan Performa Konten TikTok Pakai Fitur Promosi

Cara untuk Meningkatkan Performa Konten TikTok Pakai Fitur Promosi

TikTok adalah platform media sosial yang sangat populer di kalangan generasi muda, terutama di Indonesia. TikTok memungkinkan penggunanya untuk membuat dan menonton video pendek yang kreatif, lucu, dan menghibur. TikTok juga menjadi salah satu saluran pemasaran yang efektif untuk berbagai bisnis dan kreator, karena memiliki jangkauan yang luas dan tingkat interaksi yang tinggi.

Namun, untuk bisa menonjol di antara jutaan konten TikTok yang ada, Anda perlu memiliki strategi yang tepat. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan fitur Promosi yang disediakan oleh TikTok. Fitur Promosi adalah fitur yang memudahkan Anda untuk mengubah konten organik Anda di TikTok menjadi iklan berbayar, sehingga Anda bisa menjangkau audiens yang lebih besar dan sesuai dengan target Anda.

Fitur Promosi memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

Mudah digunakan: Anda hanya perlu memilih video TikTok yang ingin Anda promosikan, menentukan tujuan, anggaran, dan durasi promosi, dan menyelesaikan pembayaran. Anda juga bisa melihat laporan performa promosi Anda secara real-time di aplikasi TikTok.

Fleksibel: Anda bisa memilih tujuan promosi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, baik itu meningkatkan views, likes, comments, shares, followers, pesan, atau kunjungan ke profil Anda. Anda juga bisa menyesuaikan audiens yang ingin Anda targetkan berdasarkan lokasi, usia, jenis kelamin, minat, dan perilaku.

Efektif: Fitur Promosi dapat membantu Anda meningkatkan kinerja iklan berbayar Anda secara keseluruhan, karena iklan Anda akan memiliki performa yang lebih baik ketika orang-orang pertama kali disajikan dengan konten organik Anda. Studi menunjukkan bahwa mempromosikan konten organik dapat meningkatkan brand recall sebesar 27% dan pencitraan brand pada iklan mendapatkan perhatian sebesar 12% lebih lama sejalan dengan temuan terbaru dari studi oleh Neurons (2).

Beberapa contoh sukses penggunaan fitur Promosi oleh bisnis dan kreator di Indonesia adalah:

Dr. Michael Ang, seorang dokter kulit ternama dan pemilik dari Klinik Mikaderma, memanfaatkan fitur Promosi untuk membangun personal branding-nya dan menarik target pelanggan ke produk skincare yang baru ia luncurkan. Setelah memanfaatkan fitur Promosi, views di akun TikToknya bertambah sebanyak 3,2 juta views, serta jumlah followers bertambah sebanyak 13.400 pengguna. Dari segi bisnis, penjualan produk skincare-nya pun naik enam kali lipat, dengan 50% pasien baru yang datang ke kliniknya mengetahui informasi tentang kliniknya dari akun TikTok Dr Michael.

Dranatha, pemilik bisnis sepatu online Dranatha Shoes, menggunakan fitur Promosi untuk meningkatkan daya saing di tengah pasar fashion online yang kompetitif. Fitur Promosi ini berhasil menambah jumlah followers akun Dranata Shoes menjadi 656.248 pengguna dan peningkatan penjualan dengan lebih dari 3.712 pembelian dengan total penjualan sebesar 383 juta rupiah.

Jadi, tunggu apa lagi? Jika Anda ingin meningkatkan performa konten TikTok Anda dengan fitur Promosi, Anda bisa mulai sekarang juga dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi TikTok dan pilih video yang ingin Anda promosikan.
  • Ketuk ikon "Promosi" di bagian bawah video.
  • Pilih tujuan promosi Anda, misalnya "Lebih banyak views".
  • Tentukan anggaran dan durasi promosi Anda, misalnya Rp 100.000 untuk 3 hari.
  • Pilih audiens yang ingin Anda targetkan, misalnya "Semua orang di Indonesia".
  • Selesaikan pembayaran Anda dengan metode yang tersedia, misalnya GoPay.
  • Tunggu hingga promosi Anda disetujui dan mulai berjalan.
  • Pantau performa promosi Anda di tab "Promosi" di profil Anda.

Selamat mencoba fitur Promosi dan semoga berhasil meningkatkan performa konten TikTok Anda!