3 Cara Menghilangkan Garis Merah di Word

 Carabangal.com - Bagaimana cara menghilangkan garis merah yang ada di Microsoft Word? Sebenarnya garis merah yang muncul saat menulis adalah salah satu fitur yang ada di Word. Fitur ini bernama proofread yang berfunsi untuk melihat apajah ada kesalahan kata - kata maupun susunan kaliamat.

Microsoft Word

Garis merah akan muncul bila menandakan adanya kesalahan penulisan kata atau kaliamat. Biasanya proofhead yang di gunakan deafult oleh Word adalah bahasa Inggris. Maka tidak mengherankan kalau banyak garis merah yang muncul disetiap kata yang kalian tulis, kerana tulisan kalian menggunakan bahasa Indonesia.

Beberapa orang mungkin menanggpai hal ini tidak mengganggu, tapi jika kalian terganggu dengan hal ini. Ada beberapa cara untuk menghilangkan garis merah di Microsoft Word. Carabangal akan memberikan tutorial mudah cara menghilangkan garis merah di Word.

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word

Sebelum ke tutorial cara menghilangkan garis merah di Word, kalian harus tahu terlebih dulu versi Microsoft Word yang ada di laptop/PC kalian. Karena di setiap versi ada langkah yang berbeda untuk menghilangkan garis merah di Word.

1. Cara menghilangkan garis merah di Word 2013 dan di atasnya

Untuk Kalian yang menggunakan Word 2013 dan versi diatasnya yang lebih baru. Maka klaian bisa menghilangkan tanda atau garis merah pada teks yang kalian tulis dengan mengikuti langkah - langkah di bawah.

  • Pertama, buka dokumen apa saja yang memiliki tanda merah.
  • Kedua, klik File yang adai di pojok atas kiri.
  • Ketiga, kalian akan melihat beberapa menu. Pilih Options yang letaknya di posisi paling bawah.
  • Keempat, setelah kalian mengklik Options. Sekarang kalian masuk ke menu Proofreading.
  • Kelima, pada menu Proofing kalian hilangkan cheklist untuk Check spelling as you type untuk menghilangkan garis merah. Jika aklian ingin menghilangjan garis hijau juga, maka kalian hilangkan checklist untuk Mark Grammar errors as you type.
  • Keenam, Setelah semua pengaturan sudah selesai kalian klik OK.

Sekarang kalian bisa mengetik tanpa perlu merasa terganggu dengan adanya garis merah di bawah teks yang di tulis. Karena garis merah ataupun garis hijau yang muncul ketika menulis teks sudah hilang.

2. Cara menghilangkan garis merah di Word 2010 ke bawah

Walaupun Word 2010 atau versi di bawahnya sudah sangat jadul, tapi ternyata masi ada yang menggunakannya. Ada beberapa alasan orang - orang masih menggunakan Word versi ini, salah satunya adalah karena spesifikasi komputer atau laptop tidak mumpini.

Untuk kalian yang masih menggunakan Word 2010, 2007, atau 2003 silahkan simak penjelasan di bawah.

  • Pertama, kalian bisa membuka dokumen apa saja yang ingin kalian hilangkan garis merahnya. Pastika juga dokumennya sudah ada tulisannya.
  • Kedua, klik tombol Office Button atau ikon Office yang ada di pojok kiri atas.
  • Ketiga, maka akan muncul jendela Office dengan beberapa menu. Pada bagian bawah pilih Word Options.
  • Keempat, pilih Proofreading dan kalian akanmelihat beberapa pilihan.
  • Kelima, happus checklist yang ada pada Check spelling as you type dan Grammar errors as you type.
  • Keenam, jika sudah selesai kalian klik OK.

Nah, sekarang kalian tidak akan melihat tanda garis merah lagi yang muncul di bawah tulisan atau teks yang kalian ketik.

3. Mengganti bahasa proofing

Seperti yang di bahas sebelumnya fitur proofing membantu untuk menulis dengan benar, tetapi karena kita menulis bahasa Indonesia sedangkan fitur proofing mengunkan bahasa Inggris. Maka akan banyak kesalahan dan garis merahpun akan muncul di seriap kata yang di tulis.

Jadi kalian tinggal sesuaikan saja bahasa yang di guankan pada fitur proofing ke bahasa Indonesia. Selain akan mengilangkan garis merah, kalian juga akan terbantu jika ada kesalah penulisan atau typo. Cara mengganti bahasa proofing bisa kalian simak langkah - langkahnya di bawah.

  • Pertama, pilih Toolbar Review dan klik Language.
  • Kedua, akan ada banyak bahasa yang muncul. Pilih bahasa Indonesia atau pilih bahasa yang kalian gunakan saat menulis.
  • Ketiga, karena bahasa Indonesia tidak tersedia langsung saat meng-install Word. Maka kalian harus mengunduhnya sendiri. Ketik di pencarian browser kalian Indonesia proofing tools office, kalian pilih hasil pencarian teratas maka akan langsung mengarah ke situs download.
  • Keempat, kalian klik dua kali hasil unduhan tadi dan setuju untuk menginstalnya.

Kesimpulan

Selain menghilangakn garis merah yang muncul ketika menulis di Word, kalian juga bisa menghilangkan garis hijaunya juga. Bahkan kalian juga sekarang usdah mengetahui maksud dan tujuan dari garis berwarna merah dan hijau.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel