Cara Menjadi Penulis Terkenal Di Wattpad

Carabangal.com - Wattpad merupakan paltfrom yang membolehkan siap saja membaca dan menerbitkan sebuah cerita secara gratis ataupun berbayar. Ada orang yang menulis di Wattpad hanya untuk bersenang - senang saja, curhat, dan ada yang serius menulis sampa menerbitkan buku.

Wattpad


Agar karya yang kalian terbitkan atau upload di Wattpad dapat menonjol di tengah - tengah banyaknya karya lainnya. Untuk membuat tulisan yang dibaca banyak orang dan mengukir nama kalian di Wattpad. Ada beberapa yang harus kalian perhatikan dan lakukan,seperti menulis sering menerbitkan cerita, menggunakan kategori dan tag yang tepat.

Jika kalian tertarik untuk menjadi seorang penulis, langkah kalian untuk mengupload hasil tulisan kalian ke media online seperti Wattpad adalah langkah yang sangat tepat. Nah, untuk cara menjadi penulis terkenal di Wattpad. Silahkan kalian lanjutkan baca uraian di bawah.

Menulis Cerita Yang Bagus Dan Menarik

1. Pilih genre cerita

Sebelum mulai menulis sebuah cerita, kalian tentukan genre cerita yang akan kalian pilih. Genre yang kalian pilih akan mepengaruhi karakter dan plot cerita yang dibuat. Gunakan genre yang kalian sukai dan minati. Semisal kalian suka dengan hal - hal mistis dan supernatural, kalian tulis cerita horor.

Genre yang sangat populer di Wattpad dan merupakan minat para pembaca dan penulis, ada genre roman dan fiksi penggemar. Jika kalian ingin menargetkan audiens terbesar, kalian fokuskan cerita kalian pada genre ini.

Tapi jika kalian memilih genre lain tidak menutup kemungkinan, cerita yang kalian buat akan mempunyai banyak pembaca. Karena Wattpad memiliki banyak sekali pengguna dan setiap pengguna memiliki minat carita berbeda - beda. 

Kalian juga bisa menggabungkan beberapa genre ke dalam cerita kalian. Semisalkan kalian akan menulis cerita horor, kalian juga bisa memasukan genre roman. Maka cerita kalian akan memiliki plot horor dengan kisah percintaan.

2. Buat profil karakter

Kalian tulis profil yang menjabarkan karakter dalam cerita kalian. Dengan begitu kalian akan membuat karakter yang kuat dan nyata. Mulai dengang karater utama terlebih dahulu. Seperti sifat mereka? Bagaimana rupa mereka? Apa meiliki trauma? Mimpi, tujuan mereka? Peristiwa penting di masalalu? Ciri khas mereka?

Tidak perlu menuliskan karakter secara detail di dalam cerit, seperti yang kalian tulis dalam profil karakter. Tapi, semakin kalian menganal karakter kalian. Maka akan memudahkan kalian dalam menulis ceritayang akan di buat kedepannya. Sesudah kalian memprofilkan karakter utama, kalian bisa lanjukant membuat profil karakter lainnya.

3. Tentukan alur dasar cerita

Sebelum menulis cerita kalian bisa menulis alur dasar terlebih dahulu. Tapi beberapa penulis ada yang langsung menulis alur cerita secara utuh. Jika kalian membuat alur dasar terlebih dulu, kalian bisa mengisi alur yang kosong saat mulai menulis.

Selain itu ada juga penulis yang menumukan alur cerita saat proses menulis. Semua tergantung gaya atau metode yang akan kalian gunakan. Setelah kalian menyusun garis besar alur cerita, segara mulai proses menulis dari situ.

Salah satu cara untuk membuat sebuah alur cerita dan memicu ide kalian muncul adalah dengan membuat petnyaan pada cerita kalian. Contohnya, kalian membuat cerita pahlawan pertnyaanya seperti, "bagaimana dia bisa menjadi kuat?" atau "bagaimana dia melawan musuh terkuatnya".

4. Menulis rancangan pertama

Mulailah menulis cerita yang berfokus pada memasukan karakter cerita kalian dan kejadian yang akan berlangsung sepanjang cerita berjalan. Menulis rancangan pertama bertujuan mendapatkan fondasi cerita secara tertulis di atas kertas ataupun digital.

Kalian tidak perlu munulis cerita dengan sempurna di tahap ini. Jangan terlalu berfokus pada tata bahasa atau ejaan. Kalian bisa memperbiki hal dasar tetapi untuk penyutingan intensif sebaiknya dilakukan pada tahap selanjutnya.

Untuk pang cerita dalam Wattpad berbeda - beda, dari kategori yang termasuk novela sekitar 7.500 kata sampai kategori novel utuh lebih dari 40.000 kata. Masukan sebanyak mungungkin cerita kalian kedalam tulisan tanpa menambahkan hal yang tidak perlu.

5. Baca ulang dan sunting cerita

Setelah kalian menulis rancangan pertama, periksa kembali cerita kalian dengan pelan - pelan tanpa terburu - buru. Perbaiki tata bahasa dan salah eja. Kemudain cermati apakah ada, bagian cerita yang tidak masuk akal? Kalau ada segera kalian lakukan revisi.

Tambahkan detail karakter, konteks dan plot tambahan sesuai kebutuhan. Mintalah teman dan keluarga kalian untuk membaca cerita kalian. Mereka mungkin akan memberikan masukan berharga yang bisa kalian masukan saat revisi.

6. Selesaikan rancangan tulisan

Setelah tulisan kalian di sunting ke Wattpad, rapikan dan benahi cerita sampai kalian merasa siap membaginya ke pembaca. Cerita kalian harus mempunyai bagian pembuka, tengah, dan akhir yang jelas. Pada semua bab pastikan kalian memulai cerita yang mampu memikat pembaca.

Kalian fokus perbaiki tata bahasa, salah eja, dan memberikan hasil seprofesional mungkin.

Mengatur Tampilan di Wattpad

1. Gunakan gambar profil yang menarik

Gunakan gambar yang mewakili gaya kalian dalam meulis atau genre utama apa yang kalian gunakan dalam tulisan kalian. Semisal kalian menulis cerita percintaan, gunakan gambar yang bernuansa penuh mimpi dan berwarna. Kalau kalain menulis cerita horor, gunakan gambar yang menyeramkan atau gambar yang bernuansa menyeramkan.

2. Buat deskripsi profil unik

Deskripsi profil ini seperti memperkenalkan apa yang kalian tulis dan siapa kalian. Buat deskrip yang  jelas dan bisa memikat pembaca. Kalian juga jangan lupa memasukan beberapa fakta tentang diri kalian. Tulisakan dengan gaya yang akrab atau seperti bagaimana kalian menulis cerita.

Contoh menuliskannya bisa seperti ini: "Aku seseorang yang menjelajahi dunia fiksi, halusinasi, teror, dan penampakan. Di malam hari aku adalah seorang yang mewujudkan khayalan dalam tulisan dan meyembunyikan diri saat siang sebegai mahasiswa jurusan komunikasi"

3. Gunakan kover yang menrarik untuk cerita kalian

Seperti membeli buku, seseorang pertama kalia pasti melihat pada kovernya terelebih dahulu. Pembaca Wattpad juga sama saja, kover yang bagus dan menarik dapat memikat. Maka gunakan gambar yang menggambarkan cerita kalian tanpa membocorkan isi ceerita.

Jika kalian tidak bisa membuat kover sendiri, mintalah teman atau menyewa jasa desain untuk membuat kover untuk cerita kalian. Kalian juga bisa mendownload nya secara gratis maupun berbayar di web seperti Pexels, Freepik, dan lainnya.

Perhatikan font saat mendesain kover, warna dan ukuran font harus menonjolkan judul. Selain itu, gaya font juga harus menyesuikankan dengan isi cerita. Misalakan, kalian menulis cerita horor. Font yang digunakan harus terlihat suram dan meberikesan menakutkan.

4. Buat judul cerita yang memikat pembaca

Kalian pikirkan judul yang menggambarkan gagasan utama ide cerita dan mudah di ingat. Judul cerita harus singkat dan menarik. Pikirkan untuk menggali banyak ide sebelum kalian memilih judul untuk cerita yang akan kalian buat. 

Untuk membuat judul yang menarik kalian bisa memakai nama karakter utama, menggunakan satu kata yang menohok atau menggunakan kaliam proaktif. Contohnya Harry Potter, Friendzone, dan Cinta Dalam Diam.

5. Buat Paragraf Singkat

Tulis paragraf singkat yang menggambarkan isi novel kalian. Pikirkan salah satu hal yang menjadikan buku kalian istimewa dan harus dibaca. Berfokuslah pada konflik yang akan di hadapi karekter utama dan masalah yang akan di hadapinya. Buat deskripsi yang menarik dn meyakinkan agar bisa memerbut perhatian pembaca.

Membangun Audiens di Wattpad

1. Pilih tag dan katagori

Tag dan kategori berfungsi untuk memudahkan para pembaca mencari buku atau novel di Wattpad. Gunkan kata kunci dengan akurat yang sesuai dengan si ceri kalian. Gunakan juga genre, kategori, tema pokok, isi cerita dan tag yang relevan, agar pembaca menemukan karya kalian.

Contohnya kalau kalian menulis cerita horor yang penuh dengan petualangan dan pertarungan, dibumbui dengan sedikit kisah percintaan. Maka gunakan tag seperti horor, action, dan romance.

2. Nilai cerita kalian

Kalau kalian menulis cerita yang menargetkan pembaca muda, maka gunakan tag deperti "remaja", "fantasiremaja", "dewasamuda" untuk menyasar pembaca yang tepat. Kalau kalian menulis cerita yanga menargetkan pembaca, maka gunakan tag seperti "ceritadeawasa", "fiksidewasa", "kontenseksual" sesuai isi cerita kalian.

3. Konsisten menerbitkan cerita dan teratur

Agar basi pembaca terbangun, kalian perlu menerbitkan cerita secara teratur dan konsisten. Uraikan cerita kalian ke dalam bagian - bagiann kecil, speperti episode, chapter, atau bab. Pilih jadwal kalian menerbitkan cerita kalian, bisa perbulan satu episode atau satu minggu per episode.

Pastikan kalian menerbitkannya secara teratur dan tidak melewatkan tanggal yang telah di tentukan, agar tidak mengecewakan para penggemar. Jika terpaksa melewatkan jadwal karena sebab tertentu, tida akan menyebabakan popularitas kalian langsung hancur, hanya saja akan membuat sedikit kecawa pembaca yang menunggukelanjutan cerita kalian.

4. Berinteraksi dengan pembaca

Wattpad memiliki fitur seperti media sosial, yaitu pembaca dapat meninggalkan komen dan kalian bisa membalasnya. Setelah menyunting cerita kalian, sebaiknya lihat dan jawab komen dari pembaca. Dengan seperti ini kalian akan dia anggap ramah oleh pembaca, dan pembaca akan bersemangat untuk membaca cerita kalian serta merekomendasikannya ke pembaca lain.

Mungkin ada beberapa pembaca yang memberikan kritik untuk cerita kalian, baik kritik yang membangun ataupun tidak. Terima kritik apapun yang diberikan dengan besar hati,  jangan insecure tetaplah bersemangat dan terus menulis.

Jika ada komentar yang menghina dan melecehkan. Kalian bisa menghapus semu komentar melecehkan atau mengandung unsur kebencian yang diberikan pada cerita kalian. Ucapkan terima kasih pada pembaca untuk segala komentar yang disampaikan dengan sopan, baik itu pujian, kritik atau keduanya.

5. Tautkan akun Wattpad ke media sosial kalian

Kalian bisa menggunakan akun media sosial pribadi kalian atau membuat akun lain agar terlihat profesional untuk memasarkan tulisan kalian. Undang para pembaca kalian untuk memberikan dan mengikuti akun media sosial kalian. Jangan lupa untuk berinterkasi dengan mereka di platfrom media sosial kalian. 

6. Ajukan cerita kalian menjadi cerita unggulan di Wattpad

Wattpad mempunyai kategori khusus yaitu "Cerita Unggulan". Jika cerit kalian diunggulkan oleh Wattpad, pasti akan mendapatkan banyak perhatian. Kalian akan mendapatkan perhatian sebagai penulis, dan cerita kalian yang lain akan mencapai audiens yang lebih luas.

7. Mengikuti kontes menulis di Wattpad

Wattpad selalu mengadakan kontes menulis, terkadang mereka bekerja sama dengan merek tertentu atau film yang akan di tayangkan. Dengan kalian menang dalam kontes ini, maka kalian akan mendapatkan lebih banyak panggung dan popularitas, kalian juga bisa memenangkan hadiah.

Kesimpulan

Dalam meulis cerita hindari membuat cerita dengan alur klise, walaupun tidak mudah membuat cerita seperti itu. Tapi, setelah kalian membaca cerita - cerita lain dari Wattpad atau pun dari buku. Lalu kalian pikirkan tetang apa yang sudah banyak ditulis penulis lain. Kalian akan lebih mudah menghindari cerita yang klise dan menciptakan cerita yang unik.

Tetap semangat dan bersabar, butuh waktu dan perjuangan untuk mendapatkan popularitas di Wattpad. Tapi, selam klian tetap konsisten membuat sebuah konten yang berkualitas dan mendapatkan interaksi postitif dari pembaca. Tujuan mendapatkan popularitas di Wattpad pasti bisa kalian raih.

Itulah beberapa tips yang bisa kalian ikuti untuk mendaptkan banyak pembaca dan sukses menjadi penulis di Wattpad. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel