Cara Menjadi PPSU atau Pasukan Orange

Carabangal.com Medapatkan pekerjaan saat ini memang sangar sulit dimasa sekarang ini terlebih bagi yang memiliki pendidikan rendah dan sudah berusia, maka PPSU lah alternatif pekerjaan saat ini, memang sepintas pekerjaannya boleh dibilang kotor namun di balik itu ada kesejahteraan yang di dapatkan.

Cara Menjadi PPSU atau Pasukan Orange
Aktifitas PPSU di Salah Satu Kelurahan di Jakarta Timur

 PPSU merupakan Program Kerja Pemerintah di saat Gubernur Jokowi Ahok, namun program itu masih berlanjut hingga sekarang setiap tahun peminatnya terus meningkat dari kalangan muda hingga orang tua terutama mereka yang mempunyai latar pendidikan rendah berbondong bondong mencoba melamar untuk menjadi PPSU atau yang biasa disebut dengan pasukan orange dan berikut persyaratan untuk menjadi seorang PPSU.

Persyaratan Menjadi PPSU atau Pasukan Orange

  1. Sehat Jasmani dan Rohani (dibuktikan dengan surat kesehatan)
  2. Usia Minimal 18 Tahun dan tidak ada batasan usia
  3. Warga DKI Jakarta
  4. Berkelakuan Baik (dibuktikan dengan SKCK)
  5. Pendidikan Minimal SD
  6. Surat Keterangan RT/RW Domisli Tempat Tinggal
  7. Surat Lamaran yang di tujukan ke PPBJ Kelurahan Setempat
Itulah mengenai persyaratan administrasi yang harus dilengkapi dan di lampirkan dalam berkas lamaran menjadi PPSU, dan dapat dikirimkan secara langsung ke Kelurahan Setempat dimana anda berdomisili dan nanti biasanya anada diminta no Telpon untuk di hubungi menjalani tes selanjutnya.

Tahap Tes Seleksi Menjadi PPSU atau Pasukan Orange 

1. Tes Administrasi

Ini merupakan rangkaian tes awal yang akan kalian jalani yaitu tes Administrasi, dimana berkas anda akan diperiksa apakah lengkap atau tidaknya dan ini sangat penting karena jika administrasi anda lengkap maka akan di umumkan untuk mengikuti tes selanjutnya.

2. Tes Pengetahuan Umum

Setelah lulus tes administrasi maka untuk selanjutnya adalah tes Pengetahuan Umum biasanya tes ini dilaksanakan serentak satu kecamatan yang di kumpulkan di suatu tempat, untuk menjawab soal tes tersebut biasanya ga terlalu sulit karena mengingat pendidikan minimal adalah SD dan soalnya seputar wilayah anda tempat tinggal mulai siapa nama walikota hingga nama camat dan selebihnya pengetahuan dasar aja yang sering kita dengar.

3. Tes Praktek Lapangan

Dalam praktek lapangan ini sangat menetukan atau tidaknya, karena seperti anda ketahui bahwa pekerjaan PPSU sangatlah kotor biasanya anda akan di tes bagaimana cara menyapu, ngebur ke got sampai kotor - kotoran hingga tes penopingan pohon, saran saya sebaiknya anda sungguh - sungguh dalam menjalankan tes ini karena memang seperti itulah tugas PPSU setiap harinya yang akan anda laksanakan tidak jauh dari sampah dan kotor.

4. Tes Wawancara

Ini adalah rangkaian tes terakhir  yang harus anda lalui dimana kalian akan ditanya mengenai inovasi yang akan kalian buat jika diterima PPSU dan keahlian - keahlian yang kalian miliki mulai dari bisa nyetir mobil bawa gerobak motor hingga bisa menoping pohon dan tidak takut ketinggian.

Nah itulah rangkaian proses kalian bisa terima menjadi seorang PPSU di kelurahan tempat kalian tinggal yang selanjutnya saya akan membahas secara detail mengenai pekerjaan PPSU dan apa saja yang di dapatkan apabila menjadi PPSU mulai dari gaji hingga yang lainnya, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda.

Catatan :
Apabila anda berminat ingin menjadi PPSU sebaiknya anda tanyakan kepada kelurahan dimana anda tinggal apakah ada lowongan atau tidak dan apa saja persyaratan administrasinya dan biasanya lowongan PPSU di bukanya setahun sekali secara serentak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel