Bagaimana cara Gula dapat Merusak anggota tubuh Anda ?

Gula yang sudah kita tahu terbuat dari tebu jadi yang diproses untuk menghasilkan gula atau namanya rafinasi dari proses tersebut. Sebetulnya gula tersebut tidak ada manfaat nutrisi lagi bagi tubuh kita, gula itu hanya menambah jumlah kalori saja di tubuh kita. Lalu kenpa masih banyak orang Indonesia bahkan seluruh manusia dunia yang masih menggunakan gula, sebab untuk menambahkan rasa manis makanan.


Di Indonesia sendiri banyak sekali makanan yang menggunakan gula contohnya Teh Manis, minuman bersoda atau minuman kaleng, kemudian kalau kita lihat di minimarket itu banyak sekali permen dan coklat itu dijual dekat kasir, jadi sangat memudahkan bagi anak kecil langsung mengambil barang tersebut dan bilang ke mamanya “Mama saya mau ini”.

 Betapa bahayanya jika orang tua tidak mendidik anaknya untuk membatasi asupan makanan yang mengandung banyak gula dan beberapa anak justru cenderung mengarah ke penyakit diabetes padahal usianya masih sangat muda, beberapa mahasiswa sudah mengalami namanya prediabetes dan beberapa sudah mengalami diabetes. Semua ini disebabkan oleh pola makanan yang banyak memiliki kandungan gula yang terlalu tinggi.



Berapa dosis harian gula kita? disini mengutip dari rekomendasi AHA (American Heart Associatin) direkomendasikan bahwa untuk pria itu 36 gram atau 9 sendok teh, untuk wanita kisaran 20 gram 5 sendok teh sedangkan untuk anak-anak kisaran 12 gram atau sekitar 3 sendok teh. Dan dari Kompas yaitu sumbernya dari Kementerian Kesehatan RI, yaitu jumlah harian gula yang boleh kita konsumsi adalah 50 gram kurang lebih sekitar kalau 50 gram itu 12 setengah sendok teh.

Apa yang terjadi kalau kita mengkonsumsi gula berlebihan dalam setiap harinya ?
Pertama untuk anak-anak, anak-anak yang kita ketahui mereka suka sekali namanya permen. Selain rasanya yang manis, enak dan biasanya orang tua kalo anaknya rewel, anaknya nangis paling gampang dikasih permen untuk membujuk anaknya supaya tidak rewel atau menangis. Sebenarnya ini adalah kebiasaan yang salah, Kenapa? Banyak sekali anak-anak Indonesia yang giginya bolong atau berlubang, istilahnya karies gigi. Jadi itu semua karna gula, gula yang di mulut dalam lama-kelamaan akan membentuk asam dan oleh karena bakteri dan asam ini yang akan menghancurkan email gigi.

Kedua, Gula juga bisa menyebabkan penyakit yang namanya penyakit obesitas, kenapa? Karna sudah dijelaskan di atas, gula tidak mengandung nutrisi hanya mengandung kalori. Jadi berapa banyak dari kita yang kalau ke minimarket atau supermarket itu membeli minuman kaleng dan sebagainya. Kemudian dari makanannya juga ditambahkan gula lagi, puding juga dibikin gulannya banyak juga.




Diabetes, kalau sudah kena diabetes ini mudah untuk kemana-mana. Ketika gula-gula ini di dalam pembuluh darah dalam waktu lama tidak bisa masuk ke dalam sel pembuluh darah ini akan rusak istilahnya klosrosif, jadi pembuluh darah kita akan rusak, dan jika sudah rusak maka tergantung kerusakannya dimana, kalau rusaknya di organ ginjal kita berarti namanya penyakit ginjal dan jika rusaknya di sekitar daerah jantung atau pembuluh darah, namanya penyakit jantung dan pembuluh darah.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi yang membaca.
Salam sehat untuk Anda semua Terima kasih.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel